Headlines News :
Home » , » Cara Menghilangkan Noda Membandel di Baju

Cara Menghilangkan Noda Membandel di Baju

Written By Muhammad Yogi Saputra on Senin, 12 Agustus 2013 | 00.10

1. Noda Cat dan Oli

  • Ambil spons bersih, celupkan ke terpentin. Gosokkan spons ke noda cat sambil dikucek-kucek. Kemudian cuci seperti biasa.
  • Atau ambil sebutir telur, pecahkan. Oleskan putih telur ke noda cat. Gosok kain/pakaian yang ada nodanya berulang-ulang dan rendam semalaman. Kemudian bilas dan cuci seperti biasa.

Cara Lain Untuk Noda Oli
Ambil secolek mentega lalu oleskan pada noda oli. Diamkan kira-kira 15 – 30 menit, lalu cuci kain/pakaian seperti biasa.

2. Noda Cokelat
Bila kain/pakaian terkena noda cokelat dan sudah dicuci nodanya tidak mau hilang, coba cuci dengan air hangat dan obat penghilang noda. Kalau tidak mau hilang juga, buat campuran gliserin dan kuning telur. Oleskan larutan ini ke noda dan diamkan selama beberapa saat. Setelah itu, cuci kain/pakaian dengan air hangat.

3. Noda Darah
Membersihkan noda darah caranya cukup mudah rendam baju yang kena darah dengan air hangat kuku dan garam. Ingat jangan menggunakan air panas.

4. Noda Minyak, Mentega, Dan Lilin
Setrika dengan panas hangat kuku diantara kertas kue. Noda yang masih tertinggal bisa menggunakan bensin, tetra atau air sabun. Nah untuk menghilangkan noda lilin sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu lilin yang melekat pada pakaian tersebut
.
Cara lain untuk Noda Lilin
Bila pakaian atau taplak meja Anda ketumpahan lelehan lilin, keroklah dengan benda tumpul. Setelah tinggal sisa-sisanya, ambil kertas yang menyerap minyak. Taruh kertas itu di atas noda lilin lalu setrika dengan setrika panas sampai lilinnya mencair dan menyerap ke kertas tersebut.

Cara Lain untuk Noda Minyak
  • Bila pakaian atau taplak terkena noda minyak, segera taburi tapung atau bedak talek. Diamkan selama 10 – 20 menit. Bersihkan. Kalau nodanya belum hilang juga, ulangi kembali sampai nodanya hilang. Kalau tak mau hilang juga, gosok noda dengan thinner. Hati-hati jangan lakukan hal ini dekat api.
  • Cara lain, cuci kain/pakaian dengan air sabun hangat, tapi jangan panas. Bila yang terkena minyak kain/pakaian yang terbuat dari nilon, segera taburkan bedak talek pada noda tersebut.
  • Atau ambil kertas minyak untuk muka, taruh di noda. Kemudian noda disetrika. Setelah selesai, taburi dengan bedak talek.

5. Noda Gula Dan Manisan
Dibersihkan dengan cara mencuci air menggunakan air hangat kuku.

6. Noda Kunyit
Dibersihkan dengan sabun dan borax.

7. Noda Getah Buah Kopi Atau Anggur
Dibersihkan menggunakan air sabun dan borax atau spirtus panas.

8. Noda Karet
Menghilangkan noda karet bisa dibersihkan diatas air panas dan zuring zout (racun). Tempatkan di wadah yang panas, kemudian bilas dengan air secukupnya.

9. Noda Pernis, Damar dan Aspal
Patahkan hati-hati, keluarkan dengan spirtus panas. Bisa juga dihapus dengan menggunakan bensin atau tetra.

10. Noda Kotoran Lalat
Dibersihkan dengan air biasa dan amoniak.

11. Noda Minyak Tanah
Noda minyak tanah dibersihkan dengan cara disetrika diantara kertas kelantan atau diuapkan.

12. Noda yodium
Noda yodium dibersihkan dengan hypo, lalu dibilas dengan air bersih.

13. Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Baju
Ambil asam cuka lalu campur dan larutkan dalam air bersama diterjen, lalu rendam pakaian yang terkena luntur tersebut selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih, anda juga bisa manfaatkan garam dapur secukupnya cara sama seperti yang di atas

14.Noda Lipstik
Kucek noda lipstik dengan bensin. Tapi, jangan lakukan ini pada pakaian/kain halus. Atau coba dahulu di bagian yang tak tampak.

15.Noda Lumpur
Bila suatu hari anak Anda pulang dengan pakaian penuh lumpur, jangan panik. Biarkan lumpur mengering, baru setelah itu lumpurnya disikat. Kalau masih ada sisa noda, gosok dengan air rebusan kentang. Terakhir cuci biasa.

16.Noda Make Up
Pakaian warna gelap yang terkena noda make up dapat dihilangkan dengan menggosokkan potongan roti.

17.Noda Lem
Bila suatu ketika kain/pakaian terkena lem, jangan bingung. Kalau lemnya tembus pandang, olesi aseton pada noda. Tapi, kalau lemnya bergetah, noda lem dilap dulu dengan lap basah bersih, kalau sudah kering baru gunakan aseton.

18.Noda Karat
  • Masaklah air di ketel, lalu kain/pakaian yang terkena noda karat dijerang ke uap panas ketel sambil diberi perasan air jeruk nipis/lemon. Kucek beberapa saat. Setelah itu, cuci seperti biasa.
  • Atau tetesi bagaian yang berkarat dengan cuka dan garam. Gosok sampai bersih. Setelah itu, cuci kain/pakaian dengan sabun. Ulangi cara ini sampai noda karatnya hilang.
  • Cara lain, teteskan air jeruk nipis/lemon pada bagian kain/pakaian yang kena noda karat. Sementara itu ambil kain bersih dan celupkan ke air. Taruh kain di atas noda. Setelah itu, setrika kain/pakaian yang ditutup kain bersih. Ulangi beberapa kali, maka noda karat pun akan hilang.

19.Noda Bintik-Bintik Hitam (Jamur)
Dengan menggunakan Citrid Acid (Sitrun), untuk membuat rasa asam pada makanan (dapat dibeli di toko-toko bahan makanan).Sifat asam kuat pada citric acid ini sangat ampuh untuk membersihkan noda yang bersifat basa. Sehingga noda-noda basa dapat dihilangkan.

Untuk proses atau tata caranya, pertama siapkan air mendidih dalam ember secukupnya (asal membuat pakaian yang hendak dibersihkan terendam seluruh bagiannya). Masukan cittic acid (sitrun) ke dalamnya secukupnya. Untuk satu baju Sekitar 2 sendok makan. Lalu aduk sampai larut semuanya dalam air panas.
Masukan pakaian berjamur ke dalam larutan tersebut, rendam beberapa saat (sekitar 10 menit). Kemudian setelah agak dingin baju dikucek secara keseluruhan. Setelah dirasa cukup, pakaian langsung dibilas dengan air bersih beberapa kali. Silahkan coba dan lihat hasilnya. Telah dicoba dan terbukti membersihkan bintik-bintik hitam (jamur) dan membuatnya lebh terlihat baru.

20.Noda Teh dan Kopi
Jika bahan pakaian yang ternoda berasal dari katun atau kapas, rendamlah pakaian ke dalam larutan panas dari boraks atau asam tartaric. Namun, jika bahan pakaian berasal dari sutera, wol, atau sintetis, maka gunakan larutan boraks hangat atau larutan ultraoksidasi edrogen (air oksigen) hangat.

21.Noda Lemak
Untuk pakaian berbahan katun, noda dapat dihilangkan dengan mencucinya dengan air hangat yang dicampur sodium. Sedangkan untuk pakaian berbahan sutera atau sintetis, noda lemak dapat dihilangkan dengan bensin dan bedak. Caranya usap bagian bernoda dengan kain yang dicelupkan dalam bensin, lalu taburkan bedak, sikat dengan lembut. Ulangi proses sampai noda hilang.

22.Noda Keringat
Untuk bahan pakaian katun putih, gunakan larutan penghilang warna untuk menghilangkan noda keringat. Namun, jika bahan pakaian berwarna atau dari sutera, gunakan air oksigen yang dicampur dengan amonia.

23.Noda Buah-Buahan
Noda bisa lenyap dengan larutan penghilang warna atau larutan boraks yang telah dididihkan selama 5 menit.

24.Noda Susu
Noda susu akan hilang jika Anda meletakkan bagian ternoda di atas sebongkah es, tunggu sampai noda susu membeku, lalu hilangkan. Jika masih berbekas, maka hilangkan dengan cuka asam.

25.Noda Parfum
  • Parfum yang disemprotkan ke pakaian kadang meninggalkan bekas. Untuk membersihkannya, rendam pakaian di air hangat selama setengah jam. Lalu cuci seperti biasa.
  • Atau rendam pakaian dalam air yang diberi cuka selama beberapa jam. Setelah itu cuci seperti biasa.
  • Bisa juga cuci pakaian dengan air hangat lalu gosok noda parfum dengan gliserin. Setelah itu cuci pakaian seperti biasa. Cara lain, noda bekas parfum pada pakaian bisa dihilangkan dengan cairan amoniak yang tidak pekat. Tetesi cairan amoniak ini pada noda, lalu kucek-kucek. Terakhir cucilah pakaian seperti biasa.

26.Noda antiperspirant / Deodorant
Yang dibutuhkan : cuka putih, detergen bubuk, detergen cair.
Cara menghilangkan : Basahi noda di pakaian dengan menggunakan cuka putih kurang lebih selama 30 menit. Lalu cuci pakaian dengan air hangat dan menggunakan detergen dengan formula enzym. Alternatif lainnya, yaitu dengan cara menggosok detergen cair dibagian yang terkena noda, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit, dan cuci pakaian seperti biasanya.

27.Noda terkena Saus
Kalau terkena saus tomat atau saus mustard, segera bersihkan pakaian dengan air hangat. Lebih baik lagi kalau noda itu dibubuhi gliserin. Kalau noda itu menjadi merah, tidak usah khawatir karena akan hilang saat dicuci.

28.Noda Minuman Anggur (Wine)
Yang dibutuhkan : garam, anggur putih (white wine), air berkarbonasi, gliserin.
- Cara menghilangkan :
  • Untuk noda yang terkena anggur merah (red wine), jika noda nya masih baru, bubuhkan garam ke permukaan noda namun jangan langsung di gosok. Bilaslah dengan air hangat setelah kurang lebih 2 menit. Anda juga bisa menuangkan sedikit anggur putih (white wine) untuk menghilangkan noda anggur merah.
  • Sedangkan untuk noda anggur putih, tuangkan air berkarbonasi (energy water) ke permukaan noda dan tunggu beberapa saat, jika sudah kering, campurkan sedikit gliserin dengan air dan tuangkan ke noda, sebelum mencuci pakaian tersebut seperti biasa.
Sumber

Share this article :

2 komentar:

  1. Alhamdulillah bisa juga baju saya jadi bersih

    http://www.informasidunia.tk/

    BalasHapus

English French German Spain Russian Japanese Arabic Chinese Simplified

FOTO GALLERY

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MYOGISAPUTRA | Informasi Dunia Cyber Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...